Kita Jauh lebih beruntung




Apakah kalian tahu bahwa kita adalah manusia yang seribu kali atau bahkan jutaan kali lebih beruntung dibandingkan dengan anak-anak afrika. atau mungkin para pengemis di negeri ini masih sepatutnya mereka bersyukur kepada Allah.


apakah kau tahu, disana air bersih sangat sulit diperoleh. mereka hanya dapat meminum air yang penuh lumpur dan tak higienis, itupun diperoleh dengan harus berjalan kaki berpuluh-puluh kilometer, airnya tak bisa dimasak karena kayu bakar sama susahnya dicari akibat hutan yang sudah gundul.


apalagi makanan dan pendidikan. jangan harap kita dapat menemukan nasi disana. karena makanan yang ada hanya tepung gandum yang dicampur air. itupun harus dijatah 2 sendok/orang. atau bahkan mereka tidak makan berhari-hari. dan jangan heran apabila disana banyak anak-anak yang perutnya membuncit akibat gizi buruk.


Selain itu mereka juga harus tertekan karena perang saudara yang begitu mengerikan. jutaan ranjau tertimbun didalam tanah, bom-bom yang melayang dari atas dan meledakkan rumah mereka serta dentuman tembakan pistol dan granat. yang lebih tragis lagi yaitu, ibu, ayah dan saudara mereka mati dibantai dihadapan mata mereka sendiri.


apakah kalian dapat membayangkan itu semua? ditambah lagi dengan kondisi pengungsian yang kurang sehat menyebabkan banyak anak-anak yang menderita kolera, tipus, diare, tetanus, malaria atau penyakit lain yang tidak dapat disembuhkan karena tidak adanya vaksin dan obat-obatan yang dibutuhkan.


aku sampai sedih memikirkannya dan tidak dapat membayangkan apabila semua itu terjadi padaku. Ngeliat fotonya aja aku sampe mo nangis lho! T.T
sebenarnya aku ingin lebih banyak menulis tentang penderitaan anak-anak itu disini. tapi, jika kalian ingin tahu lebih banyak tentang mereka, silahkan baca buku yang berjudul: "Totto-chan's children. A Goodwill Journey to the Children of the World". (anak-anak totto-chan. perjalanan Kemanusiaan untuk anak-anak Dunia). kisah nyata seorang duta kemanusiaan UNICEF "TETSUKO KUROYANAGI" yang melakukan perjalanan untuk membantu anak-anak dunia.


selamat membaca ^^


- Judul : "Totto-chan's Children" A Goodwill Journeyto the Children of the world. (Anak-anak Totto-chan. Perjalanan Kemanusiaan untuk anak-anak Dunia)
- Pengarang : Tetsuko Kurousagi
- Penerbit : PT.Gramedia Pustaka Utama
- Tahun : 2010

0 komentar:

Posting Komentar


Princess diaries^^