Lilypie Kids Birthday tickers

Cerita semester dua

Hualllow!!! akhirnya saya ngeblog lagi :) Sepertinya blog ini bisa di posting hanya 2 kali tiap semester, itu pun kalau saya ingat :p hahah maaf :( Sesuai dengan judul di atas, di semester 2 ini saya punya banyaaaaak banget kegiatan, baik itu pengalaman ketika ngerjain tugas kuliah maupun organisasi dan lain-lain. Alhamdulillah, mudah-mudahan semester selanjutnya saya punya pengalaman baru lagi yang lebih menantang sehingga saya bisa berkaca dan berbenah diri. Amiiin.

Nah, karena pengalaman yang sudah rasakan selama semester dua ini lumayan banyak, mungkin saya hanya nyeritain secara singkat. Kalo saya nulis semua secara detail disini, entah sampai kapan tulisan ini selesai, sekarang aja udah jam 2.30. Oya, semenjak semester dua ini saya sering begadang dan bahkan beberapa kali tidak tidur -__-

Untuk tugas kuliah, semester ini benar-benar menantang. Saya tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa untuk semester dua ini sudah mulai melakukan observasi dan interview. Kalau di semester satu kemaren sih, kebanyakan cuma analisis kasus, baik itu kasus di televisi, internet maupun dari film. Semester 3 nanti apalagi ya? Kakak tingkat maupun dosen sering bilang bahwa semester 1 dan 2 ini enteng, gak terlalu berat dan hanya teori doang. Tapi nanti semester 3 keatas, siap-siap aja deh burn out, stress, nangis, hingga sakit. Jadi kayaknya mesti siapin mental dan fisik dari sekarang nih :s

Di semester dua ini, saya udah pernah keliling nyari pemulung, pengemis, dan keluarga miskin ke pelosok-pelosok kota Malang. Huaaa ini tugas pertama observasi dari mata kuliah psikologi sosial dan temanya adalah perilaku kesehatan masyarakat kurang mampu. Itu sumpah bikin saya takut, maklum pertama kali mewawancarai gitu loh, gimana cara pembawaan diri kita, gaya kita berbicara dengan orang yang belum kita kenal, mau sok akrab gitu juga segan, belum lagi ketika ditolak. Aaaaak langsung mental block :'( tapi alhamdulillah lancar dan tugas terselesaikan dengan baik.

Di mata kuliah psikologi klinis, tugas uas nya di suruh bikin laporan observasi dan interview, temanya terserah sih. Menurut saya tugas ini yang paling barat karena saya dapat anggota kelompok yang agak gimana gitu. Dari awal aja kita udah ribut ngebahas tema-nya. Saya dan Mala pengen ngambil subjek komunitas pengamen, tapi yang lain malah pengen ngambil komunitas skateboard. Nah, ini yang kurang saya sukai ketika dapat tugas berkelompok. Gak mau dengar pendapat orang lain, egois, maksain kehendak padahal dia belum mahamin konsepnya. Ngomong gitu doang sok-sok an ngerti. Ketika dijelasin eh dia nya malah gak mau denger. So what? Saya dengan Mala ngalah untuk sementara waktu, nurutin maunya mereka and finally itu gak berhasil dan cuma buang-buang waktu aja. Setelah itu, mau gak mau mereka akhirnya nurutin konsep kami. Dan gara-gara kelamaan nentuin tema, kita kena marah dari dosennya waktu konsultasi -____- Hampir 80 % itu laporan saya sendiri yang bikin. Mulai dari rancangan pertanyaan, nyari literatur untuk kajian teori hingga hasil observasi, itu plek saya yang bikin sendiri. Belum lagi tugas dari mereka yang belum bener, jadi mesti saya koreksi dulu bahkan saya ulang lagi. Jadi, boleh dong saya ngerasa gak ikhlas mendapat nilai yang sama dengan mereka? Tapi alhamdulillah sih, dari semua kelompok dikelas, kelompok kita gak di suruh koreksi lagi dan dapat nilai yang lumayan :) ikhlasin aja sudah, toh nanti saya sendiri yang dapatin manfaatnya, kedepannya tidak susah untuk bikin laporan sendiri :)

Observasi lainnya yaitu motivasi pembelajaran anak tk untuk psikologi pendidikan, perkembangan fisik kognitif sosioemosi lansia di panti jompo untuk psikologi perkembangan II, interview kepuasan kerja, burn out, konflik kerja dan komitmen organisasi untuk psikologi industri organisasi. Well, mungkin segini dulu ceritanya dan besok mungkin dilanjutkan lagi, soalnya sekarang udah jam 3 subuh dan saya sudah mengantuk -_-

Terimakasih udah baca :) Good night!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ane udah semester 6, tapi masih males2an gan...


http://mranggendemak.blogspot.com/

Obat Penyakit mengatakan...

wah posting tengah malam sampa jam 3 mba, klo saya mh kagak kuat..

Posting Komentar


Princess diaries^^